Mengajarkan Anak untuk Menunda Keinginan

Desember 27, 2010 zunlynadia

Orang tua perlu mengajarkan anak agar bisa menunda keinginan semenjak dini. Hal ini bukan berarti orang tua tidak mampu memenuhi kebutuhan anak, tetapi lebih memberikan pendidikan kepada anak bahwa tidak semua keinginannya harus tercapai saat itu juga tetapi seseorang harus bekerja keras untuk berusaha mendapatkan apa yang ingin di capai, sehingga tidak semua hal bisa di capai dengan mudah tetapi selalu ada proses untuk mendapatnya. Tidak mudah memang mengajarkan anak untuk menunda keinginan. Karena salah satu karakter yang melekat pada anak terutama balita adalah sifatnya yang suka memerintah laksana bos yang harus segera di penuhi. Butuh ketelatenan dan kesabaran orang tua untuk mengajarkan hal ini. Karena jika orang tua selalu menuruti semua keinginan anak dengan segera, maka dia akan menjadi anak yang manja dan tidak perduli serta kurang peka terhadap orang lain nantinya.

Ada beberapa tips bagi orang tua untuk mendidik anak dalam menunda keinginannya, diantaranya adalah[1]:

a. Buat Daftar Prioritas. Orang tua dapat mengajak anak untuk membuat skala prioritas belanja, atau barang apa saja yang dapat dibeli bulan ini. Sebaiknya hal tersebut dibuat bersama anak, agar anak lebih terlibat sehingga memudahkan dalam prakteknya nanti.

b. Mulai Ajarkan Anak Untuk Menunda Keinginan. Ketika anak meminta sesuatu, usahakan jangan langsung memenuhi -walau sebenarnya Anda mampu- namun berikan temp. Misalnya, ketika anak Anda baru duduk di kelas 2 SD minta dibelikan sepeda agar bisa berangkat sendiri ke sekolah, sementara Anda sendiri tidak yakin dengan keamanannya, Anda bisa mengatakan, “Kak, papa akan belikan sepeda kalau kakak sudah naik kelas 4, karena papa yakin pada saat itu kakak sudah mampu berangkat sendiri ke sekolah, sabar ya”. Tapi di lain sisi, janji harus ditepati, karena jika tidak, anak akan sulit percaya dengan orang tua.

c. Hadapi Dengan Tenang. Ketika anak meminta dengan cara yang ‘heboh’ biarkan saja. Jika anak sudah cukup tenang, ajaklah bicara. Ingatlah bahwa anak usia dini sangat cepat belajar dari lingkungannya. Jika cara menangis ternyata cukup ampuh untuk mendapatkan apa yang dia mau, maka jangan heran kalau besok cara ini akan ia gunakan lagi.

d. Tumbuhkan Empati. Ajaklah anak untuk melihat teman-temannya yang kurang mampu sehingga mereka punya kepekaan sosial yang membuat mereka bersyukur dengan apa yang mereka punyai.

e. 5. _____________________________________________________________________________________________________________________________Ajak Bicara. Anak-anak adalah individu yang unik. Terkadang Anda sebagai orang tua meremehkan kemampuan mereka. Anda sebagai orang tua menganggap mereka adalah anak kecil yang belum mampu diajak layaknya orang dewasa. Cobalah mengubah cara pandang tersebut dan mulailah untuk semakin sering mengajak anak ngobrol dan berdiskusi. Dengan komunikasi anak tahu apa yang diinginkan orang tua, demikian pula sebaliknya.

f. Ajarkan Anak Untuk Menabung. Biasakan anak menabung sejak dini, jelaskan juga manfaat menabung salah satunya adalah jika uang tabungan sudah banyak bisa digunakan untuk membeli mainan atau barang baru yang diinginkan. Menabung juga melatih anak untuk sabar dan mengendalikan diri sejak awal.

g. Lead By Example. Ajarkan hal tersebut melalui praktek lengsung dengan membeli barang dengan sabar. Misalnya, ajak dia serta ke toko buku. Ketika Anda menanyakan salah satu buku yang Anda inginkan ternyata belum sampai di toko buku tersebut, sampaikan pada si anak, “Wah, papa sepertinya harus menunggu 1 minggu lagi ni, soalnya buku yang papa inginkan belum sampai di sini”. Atau ketika Anda tengah membeli suatu barang ternyata uang tunai yang Anda bawa tidak mencukupi -padahal sebenarnya Anda juga bisa mengambil melalui ATM- Anda bisa mengkomunikasikan, “Hm, sepertinya harga barangnya sudah naik hari ini, uang papa belum cukup nih. Papa spertinya harus nabung lagi.”


[1] http://tipsanda.com/2009/06/09/tips-mengajarkan-anak-menunda-keinginan/

 

Entry Filed under: Parenting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Desember 2010
S S R K J S M
« Apr   Jan »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: