Mengajarkan anak untuk cinta buku

Desember 27, 2010 zunlynadia

Berbeda dengan mengajarkan anak untuk membaca, mengajarkan anak terutama batita untuk cinta terhadap buku lebih penting daripada mengajarkannya untuk bisa membaca buku. Dengan memupuk kecintaan terhadap buku sejak dini, akan memacu semangatnya untuk belajar membaca. Dan sebaliknya mendorong balita untuk bisa membaca semenjak dini, bukan berarti membuat balita akan serta merta mencintai buku. Meskipun dasar-dasar membaca juga penting untuk di berikan kepada balita semenjak dini, tetapi seringkali pemaksaan orang tua terhadap balitanya untuk belajar membaca akan menghasilkan sesuatu yang kontraproduktif dengan apa yang di harapkan dan anak menjadi bosan dan tidak suka buku. Untuk itu, memupuk kecintaan anak terhadap buku, anak tidak harus bisa membaca terlebih dahulu.

Berikut adalah tips-tips untuk memupuk kecintaan anak terhadap buku, diantaranya adalah[1]:

  1. Memberi buku-buku cerita yang menarik. Pilihlah buku yang terbuat dari kertas karton tebal tahan air bagi bayi maupun anak. Buku yang terbuat dari karton tebal tidak mudah rusak jika dibuka-buka maupun dimainkan. Selain itu, carilah buku-buku dengan gambar dan warna yang menarik. Buku dengan banyak gambar dan sedikit tulisan akan lebih menarik bagi anak.
  2. Membuat perpustakaan mini. Buatlah perpustakaan mini yang sederhana, dan ciptakan suasana yang nyaman. Misalnya, menyediakan lahan khusus dengan karpet atau berbagai bantalan di dekat rak tempat si kecil menyimpan buku-bukunya. Upayakan agar rak mudah dijangkau oleh tangan mungil anak, serta tidak membahayakannya.
  3. Membacakan cerita secara berkala. Sediakan waktu secara berkala untuk membacakan cerita yang menarik bagi anak. Misalnya, sebelum tidur. Carilah cerita yang menyenangkan dan bacakan dengan cara menarik. Jika mungkin, buatlah alat peraga sederhana untuk menunjang cerita. Misalnya, boneka tangan yang dijadikan sebagai tokoh cerita.
  4. Bermain tebak-tebakan cerita. Ketika membacakan sebuah cerita pada anak, berhentilah pada satu titik tertentu ketika cerita mengarah ke satu arah, lalu tanyakan apa yang terjadi dengan tokoh utama.

Buku adalah jendela dunia. Tanpa harus berkeliling dunia, seseorang bisa mengetahui dunia dan seisinya, karena buku adalah sumber pengetahuan. Untuk itu, memupuk anak untuk bisa mencintai buku sejak dini akan menjadikan anak cerdas di masa mendatang.


[1] http://indteacher.wordpress.com/2009/05/06/10-cara-agar-anak-cinta-buku/

 

Entry Filed under: Parenting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Desember 2010
S S R K J S M
« Apr   Jan »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: