Bagaimana agar Anak Mengenal dan Cinta Lingkungan

Desember 27, 2010 zunlynadia

Bencana Alam yang sering terjadi di sekitar kita akibat kerusakan lingkungan memang perlu mendapat perhatian dari berbagai kalangan. Tidak terkecuali adalah orang tua. Pemahaman tentang lingkungan dan bagimana merawatnya menjadi salah satu agenda penting dalam pendidikan anak di usia dini. Mencintai Lingkungan sebagai tempat hidup manusia dengan merawatnya dengan baik, berarti juga telah menjaga amanah dari Tuhan yang sangat bermanfaat bagi keberlangsungan hidup generasi selanjutnya.

Ada banyak cara yang bisa di lakukan oleh orang tua di rumah untuk menanamkan pada anak rasa cinta kepada lingkungan dan ini dimulai dari hal-hal yang sederhana. Diantaranya adalah:

  1. Mengajarkan anak untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Membiasakan untuk membuang sampah tidak hanya dengan membiasakan untuk membuang sampah tetapi juga dengan melihat orang-orang di sekitarnya yang terbiasa untuk membuang sampah pada tempatnya. Akan lebih baik jika orang tua di rumah sudah menerapkan untuk memilah sampah, sampah kering, sampah organik dan sampah kertas. Hal ini akan membentuk mind set anak semenjak dini bahwa, sampah juga bisa di manfaatkan untuk di gunakan kembali.
  2. Mengajarkan anak untuk hidup sehat dan bersih dengan membiasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, menggosok gigi, serta tidak jajan sembarangan.
  3. Membiasakan anak untuk mematikan listrik jika sudah tidak di gunakan lagi. Mulai dari lampu, TV, radio, dan computer.
  4. Membiasakan untuk menutup kran dengan rapat dan tidak boros dalam menggunakan air.
  5. Membiasakan anak untuk menyapu dan mengepel setelah mengotori lantai.
  6. Mengajak anak untuk berkebun. Berkebun dan menanam tanaman di sekitar rumah adalah kebiatan yang mengasyikkan bagi anak. Tidak hanya akan menumbuhkan cinta lingkungan pada anak, tetapi juga merupakan salah satu kegiatan yang mengasah kreatifitas.
  7. Sesekali mengajak anak ke kebun binatang. Dengan mengenalkan berbagai macam hewan, tidak hanya menambah pengetahuan anak tentang beraneka ragam hewan tetapi juga mengajarkan anak untuk cinta lingkungan dengan rasa peka dan peduli terhadap keberlangsungan makhluk hidup di dunia.
  8. Mengajarkan cinta lingkungan juga bisa melalui media gambar, kegiatan mewarnai dan buku cerita. Karena dengan demikian imajinasi mereka yang di dasari cinta lingkungan akan berkembang sehingga akan tertanam dan di harapkan akan menjadi pribadi yang mencintai lingkungannya kelak jika dia dewasa.
  9. Mencintai lingkungan juga merupakan salah satu perintah agama, untuk itu perlu juga menanamkan pada anak bahwa salah satu sikap orang yang beragama adalah mencintai dan menjaga lingkungannya

Dengan mengajarkan anak untuk cinta lingkungan semenjak dini, di harapkan anak mempunyai wawasan, kepekaan dan kesadaran untuk ikut serta menjaga lingkungan alam dan isinya.

Entry Filed under: Parenting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Desember 2010
S S R K J S M
« Apr   Jan »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: